berbagi hal-hal yang menarik seputar komputer dan lainnya

Get Paid to Click
Powered by Blogger.

Tips Menghemat Battery Laptop

Laptop memiliki kelebihan di bandingkan dengan komputer karena laptop memiliki baterai sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Tetapi jika baterai laptop telah rusak maka kemampuan laptop menjadi sama saja dengan komputer karena tidak dapat digunakan jika tidak ada aliran listrik. Agar baterai laptop adna awet dan memiliki daya tahan yang cukup lama sebaiknya anda membaca beberapa tips dan cara menghemat bterai laptop berikut ini.





  • Jangan mencharger baterai Laptop berlebihan sebab dapat merusak dan mengurangi kemampuan baterai tersebut.

    Tahukah anda bahwa mencharger teralu lama bukan membuat baterai laptop semakin bertahan lama, tetapi justru membuat daya baterai semakin berkurang. Salah satu sumber yang pernah saya baca kalau kita mencharger laptop walau sudah full, maka daya baterai akan kembali keluar bersama aliran listrik. Walaupun laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur penyetopan aliran listrik ketika laptop kita sudah penuh ketika di charge, alangkah baiknya kita mencabut charge dari laptop ketika laptop penuh (buat jaga-jaga saja)

  • Non Aktifkan suara sepeaker laptop.

    Jika sedang menggunakan baterai laptop sebaiknya tidak menyalakan lagu karena dapat mempercepat daya bterai Laptop habis.  Speaker adalah perangkat keras Laptop yang sebenarnya terpisah tetapi di satukan. Kalau Laptop memfungsikan Speaker berarti daya baterai juga akan dialirkan ke speaker. Sehingga saya baterai akan cepat berkurang.

  • Redupkan layar Monitor ketika menggunakan baterai Sebagai sumber energinya.

    Intensitas cahaya layar yang sangat tinggi dapat membut daya baterai terkuras sangat cepat. Walapun nantinya layar monitor akan sedikit redup tetapi kita bisa berlama-lama di depan laptop dengan menggunakan baterai. Cara meredupkan layar laptop berbeda-beda. Jadi silahkan baca buku panduan penggunaan Laptop untuk mengetahui cara meredupkan layar Laptop.

  • Matikan Sementara Peripheral / Hardware

    Bila anda memutuskan untuk keluar dalam waktu setidaknya setengah jam, matikan Laptop anda atau bila memang tidak dapat dimatikan karena Laptop sedang memproses data / pekerjaan maka setidaknya anda dapat mengupayakan agar segala jenis hardware / peripheral seperti; speaker, scanner, harddisk eksternal, dvd external, flashdisk, dsb dimatikan (tidak dihubungkan) sementara waktu karena semua peripheral tersebut yang mana terhubung dengan slot USB tetap menghabiskan energi baterai.

  • Gunakan UPS

    UPS selain dapat menstabilkan energi pemakaian pada komputer. Meskipun UPS lebih umum digunakan pada komputer namun tidak ada salahnya anda melanjutkan pekerjaan anda sambil melakukan charge baterai dengan menggunakan UPS.

    Untuk melakukan setting pada UPS adalah:

    Klik Start Menu > Control Panel

    Klik Power Options
    Lalu klik pada Tab UPS. Pada tab UPS tersebut akan menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung terhadap PC dari UPS yang digunakan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Tips Menghemat Battery Laptop. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://virgo-spot.blogspot.com/2012/08/tips-menghemat-battery-laptop.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ~VIRGO~ - Wednesday, August 8, 2012

3 komentar untuk "Tips Menghemat Battery Laptop"

  1. kebanyakan laptop memiliki fitur power4Gear untuk menghemat daya mas, namun cara di atas juga perlu di terapkan...

    ReplyDelete