berbagi hal-hal yang menarik seputar komputer dan lainnya

Get Paid to Click
Powered by Blogger.

Turun dari bus pakai kaki kiri

Mengapa sih kita diharuskan untuk mendahulukan kaki kiri ketika kita turun dari bus? setelah tanya mbah gogel, ternyata ada alasan positif a.k.a masuk akal yang saya dapatkan, ini dia keterangan nya

Menurut ilmu fisika, setiap benda bermasa memiliki kelembaman (kemalasan). Artinya benda yang sedang diam akan malas/sulit untuk bergerak dan sebaliknya benda yang sedang bergerakpun akan sulit untuk berhenti. Nah, jika kita sedang berada di dalam bus yang sedang bergerak kemudian kita turun ke aspal yang diam maka tubuh kita akan cenderung tetap bergerak sehingga kita bisa terjatuh.

Kebiasaan seperti itu muncul di negara yang lajur kendaraannya berada di sisi kiri, atau kendaraan dengan kursi sopir di kanan, termasuk di Indonesia.  Sehingga kalo kita turun dengan mendahulukan kaki kiri, yang kita lakukan adalah mempertahankan posisi badan kita agar ketika turun ke aspal kita cenderung bergerak ke depan. Badan menjadi lebih seimbang dengan bergerak ke depan.

Tapi sebaliknya, jika kaki kanan yang duluan turun tubuh kita akan sedikit berputar ke kiri, akibatnya kita akan cenderung bergerak ke samping. Dari dua keadaan tersebut kita akan lebih mudah untuk mempertahankan keseimbangan dengan bergerak ke depan.

Alasan lain yang mendukung penjelasan tersebut diatas dan sangat Indonesia sekali adalah karena buruknya pelayanan bus terhadap penumpang. Dalam hal ini berarti, konsumen yang selalu dirugikan. Dibeberapa tempat, masih banyak bus yang tidak berhenti total ketika menurunkan penumpang. Alasannya karena bus belakang udah nyodok, diburu waktu, ataupun karena sedang kejar-kejaran dengan bus lainnya. Sehingga penumpang yang hendak turun diperingatkan untuk melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu. Seandainya bus berhenti total, penumpang yang hendak turun bebas melangkahkan kaki manapun. Lebih aman, lebih menghormati penumpang.

*dirangkum dari ulasan Prof. Yohanes Surya di majalah Intisari

Sumber
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Turun dari bus pakai kaki kiri. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://virgo-spot.blogspot.com/2012/11/turun-dari-bus-pakai-kaki-kiri.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ~VIRGO~ - Friday, November 16, 2012

Belum ada komentar untuk "Turun dari bus pakai kaki kiri"

Post a Comment